Jerry Zhang

“Replacement Character”

Posted on: December 12, 2009

“Pergantian Character”

Seseorang melakukan pergantian Character guna mencapai tujuan tertentu.
Menjadi orang lain adalah hal yg mustahil dan bodo, sebab setiap manusia memiliki identitas yg berbeda-beda, sampai kapan pun kita tidak bisa menjadi orang lain.
Namun dibalik hal itu kita dapat menjadi pribadi yg berbeda, sesuai dengan tanggung jawab yg sedang kita hadapi, sering terlintas dalam pikiran ku? Kenapa gw seperti ini ya? Kenapa gw tidak bisa menjadi diri gw sendiri, hati kecil ku dan tindakan ku sangat berlawanan, dan terus berlangsung dalam hidup ku, sampai saat ini, pemaksaan dalam keberanian mengubah kemampuan dalam segala hal.
Dan akhirnya saya menemukan jawaban atas pertanyaan yg tidak masuk akal itu, ternyata ada tanggung jawab lah yg mengubah diri ku, “kedewasan tidak dilihat dari usia, namun dari penerimaan tanggung jawab”. Di Man’s Camp terdapat kutipan kata yg tidak pernah terlepas dari pikiran ku, yakni “Perasaan ku yg mengikuti Pikiran ku” sadar maupun tidak sadar, gw telah mematikan perasaan ku dengan hal yg logis dan berguna. Dan akhirnya menjadikan ku seperti ini, selalu memikirkan diri sendiri (egois). Memang hal ini tidak terlalu terlihat pada orang yg rendah hati (suka membantu). Sudah hukumnya manusia mau membantu, dan mau di bantu.
Namun tidak selamanya hal ini menjadi negative, karena ada statement “segala sesuatu mendatangkan kebaikan”. Dari statement itu gw belajar banyak hal. Terutama dalam berpikir (+), hal yg sering terjadi perasaan terkadang berontak, namun dengan adanya keputusan dan komitment, persaaan itu pun sirna dengan sendirinya.
Hal ini tentu menyakitkan jika orang/ teman dekat kita tidak mengerti, apa yg sedang terjadi, gw menjadi tertutup, hanya membicarakan hal yg penting, dan mematikan perasaan yg muncul, dan selalu memiliki orientasi.
Menjadi koleris itulah diri ku sekarang.
Namun apakah kita akan kehilangan Character Asli dalam diri kita? Character asli/ pribadi sesunguhnya dari orang bijak akan muncul jika tujuan ia mengubah jatidiri tercapai, Namun Orang yg bijak akan melakukan yg terbaik dalam hidup nya. baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Dengan kata lain, Chacater yg dipelajari ketika mengubah kepribadian nya, pasti memiliki tempat tersendiri dalam dirinya, akan muncul ketika menemukan kondisi yg sama. Umumnya manusia mengingikan yg terbaik yg dapat ia capai. Kesemua itu mendatang kebaikan, tiada yg dipersalahkan sebab Life Is Learning Process.
Life Is Learning Process, in the process must Balance, Suatu kebodohan yg amat sangat, jika telah mengatahui hal yg salah namun tidak di perbaiki.
Yah ini lah yg sedang terjadi dalam diriku dari dulu. yakni sedang menyeimbangkan jatidiri sendiri terhadap kondisi yg ada saat ini. Berusaha menentukan character yg tepat di kondisi yg tepat tampa berfikir akan tujuan / hasil untuk diri sendiri (tidak egois). juga salah satu syarat kematangan, yg hingga kini terus coba gw implementasikan dan harus gw capai. Dan bagi seorang koleris bukan hal yg mudah, untuk melakuan sesuatu tampa tujuan. I need Ur help Friend!.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: